Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya, dan Peran Komite Sekolah terhadap Kepuasan Pelayanan

Authors

  • Teddy Manueke Universitas Negeri Manado Sulawesi Utara
  • Deitje A. Katuuk Universitas Negeri Manado Sulawesi Utara
  • Viktory N. J Rotty Universitas Negeri Manado Sulawesi Utara
  • Jeffry S. J. Lengkong Universitas Negeri Manado Sulawesi Utara

DOI:

https://doi.org/10.35719/leaderia.v2i1.60

Keywords:

principal’s leadership, school culture, school committee,, service satisfaction

Abstract

This study aims to measure two types of variables, independent variable consisting of the principal's leadership, school culture and school committees and the dependent variable, service satisfaction. The subjects of this study were teachers of SMK Negeri in Bitung totaling 241 with a sample of 71 people. The method used is a descriptive analytical survey method and uses correlational analysis. The analysis technique used is Pearson Product Moment Correlational Analysis. The results showed that there was a significant influence of principal's leadership on service satisfaction of State Vocational Schools in Bitung City by 44.9%. There is an influence of school culture on service satisfaction of State Vocational Schools in Bitung City by 49%. There is an influence of school committees on service satisfaction of State Vocational Schools in Bitung City by 33.7%. There is an effect of principal leadership and school culture together on service satisfaction of State Vocational Schools in Bitung City by 46.3%. There is an influence of the leadership of the principal and the school committee together on the service satisfaction of State Vocational Schools in Bitung City by 46.5%. There is an influence of school culture and school committee together on service satisfaction of State Vocational Schools in Bitung City 45.4%. There is a joint influence of the principal's leadership, school culture and school committee on service satisfaction of State Vocational Schools in Bitung City by 47.9%.

Keywords: principal’s leadership, school culture, school committee, service satisfaction

Penelitian ini bertujuan mengukur dua jenis variabel, yaitu: variabel bebas yang terdiri atas kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah dan komite sekolah serta  variabel terikat yaitu variabel kepuasan pelayanan. Subjek penelitian ini adalah guru-guru SMK Negeri di Bitung yang berjumlah 241 dengan penarikan sampel sebanyak 71 orang. Metode yang digunakan adalah metode survey yang bersifat deskriptif analitis dan menggunakan analisis korelasional. Teknik analisa yang digunakan adalah Analisis Korelasional Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan pelayanan SMK Negeri di Kota Bitung sebesar 44,9%. Terdapat pengaruh budaya sekolah terhadap kepuasan pelayanan SMK Negeri di Kota Bitung sebesar 49%. Terdapat pengaruh komite sekolah terhadap kepuasan pelayanan SMK Negeri di Kota Bitung sebesar 33,7%. Terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah secara bersama-sama terhadap kepuasan pelayanan SMK Negeri di Kota Bitung sebesar 46,3%. Terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan komite sekolah secara bersama-sama terhadap kepuasan pelayanan SMK Negeri di Kota Bitung sebesar 46,5%. Terdapat pengaruh budaya sekolah dan komite sekolah secara bersama-sama terhadap kepuasan pelayanan SMK Negeri di Kota Bitung 45,4%. Terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah dan komite sekolah secara bersama-sama terhadap kepuasan pelayanan SMK Negeri di Kota Bitung sebesar 47,9%.

Kata Kunci: Kepala Sekolah, Kepemimpinan, Budaya, Komite, Kepuasan Pelayanan

References

Acmad, Sanusi (2009). Kepemimpinan Sekarang dan Masa Depan membentuk Budaya Organisasi yang Efektif. Bandung:Prospect.

Arikunto, Suharsimi.(2009). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoretis Praktisbagi Mahasiswa Dan Praktisi Pendidik. Jakarta : PT Bumi Aksara,

Basuki, Sulistyo (2006). Metode Penelitian. Jakarta:Wedatama Widya Sastra dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia

Depdiknas (2007). Peraturan Menteri Pendidikan nasional republik Indonesia nomor 12 tahun 2007 tentang standar pengawasan sekolah/ madrasah. Jakarta:Depdikbud

Hasan, Iqbal. (2010). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaga Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78. Jakarta

Wahjosumidjo (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Rajawali Pers

Zamroni (2003). manajemen berbasis sekolah: Piranti reformasi system Pendidikan

Zuchdi, Darmiyati (2011). Pendidikan karekter perspektif teori dan praktik. Yogyakarta: UNY Press

Kotler Philip, Kevin Lane (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Ke 13 jilid 1 dan 2, Jakarta, Erlangga

Dirgantari, P. Dewi (2012) Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa serta Dampaknya Terhadap Upaya Peningkatan Citra Perguruan Tinggi Negeri Menuju World Class University, Bandung : Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Vol 3, No 2:1-25

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Manueke, T., Katuuk, D. A. ., Rotty, V. N. J., & Lengkong, J. S. J. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya, dan Peran Komite Sekolah terhadap Kepuasan Pelayanan. LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 45-54. https://doi.org/10.35719/leaderia.v2i1.60