Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Guru di SMK LPMD Adow Kecamatan Pinolosian Tengah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan

Authors

  • Muliadi Mokodompit Universitas Negeri Manado Sulawesi Utara

DOI:

https://doi.org/10.35719/leaderia.v2i1.59

Keywords:

Academic, Motivation to Teach a Teacher, Quality Of Learning, supervision

Abstract

Principal's supervision is part of efforts to ensure the quality of academic activities. Through the supervision the principal can direct teachers to improve the quality of learning in schools. This study aims to: "analyze the implementation of Principal Supervision of Teachers at SMK LPMD Adow, Central Pinolosian District, South Bolaang Mongondow Regency". This research is a qualitative descriptive form with a field research approach. Research informants were teachers of SMK LPMD Adow Pinolosian Tengah, cocnsists of 10 teachers. The data were collected using interview and documentation techniques. The results showed that the implementation of the Principal's Supervision was carried out in a planned, organized and periodic manner. The supervision stage begins with forming a supervision team, then the team formulates supervision objectives, supervision objectives, and makes supervision instruments. Supervision of the Principal of SMK LPMD Adow uses a persuasive approach, namely prioritizing feelings and maintaining harmonization. Thus, Principal Supervision at SMK LPMD Adow improves teacher teaching quality and teacher motivation in developing teaching knowledge and skills. In conclusion, that Principal’s Supervision increases teacher motivation in improving teacher knowledge and skills comperehensively, so that it has an impact on the  teaching quality of teachers in the classroom.

 Keywords: academic, motivation to teach a teacher, quality of Learning, supervision

Supervisi Kepala Sekolah merupakan bagian dari upaya menjamin mutu kegiatan akademik. Melalui supervisi kepala sekolah dapat mengarahkan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: “menganalisis pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Guru di SMK LPMD Adow Kecamatan Pinolosian Tengah, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan”. Penelitian ini termasuk jenis deskriptif kualitatif dengan pendekatan field research. Informan penelitian adalah Guru-Guru SMK LPMD Adow Pinolosian Tengah yang berjumlah 10 orang. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dilakukan secara terencana, terorganisisr dan berkala. Tahapan supervisi dimulai dengan pembentuk tim supervisi, kemudian tim merumuskan tujuan supervisi, sasaran supervisi, dan membuat instrumen supervisi. Supervisi Kepala Sekolah SMK LPMD Adow menggunnakan pendekatan persuasif, yaitu mengutamakan perasaan dan menjaga harmonisasi. Dengan demikian, Supervisi Kepala Sekolah di SMK LPMD Adow meningkatkan kualitas mengajar Guru dan motivasi guru dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mengajar. Sebagai kesimpulan, bahwa Supervisi Kepala Sekolah meningkatkan motivasi guru dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru secara berkelanjutan, sehingga berdampak pada kualitas mengajar Guru di Kelas.

KataKunci:  akademik, motivasi mengajar guru, kualitas pembelajaran, supervisi

References

Asmani, JM (2012). Tips AplikasiManajemen Sekolah. Jogyakarta: Diva Pres, 2012.As-Suwaidan, T. Muhammad & F. U. Basyarahil (2009). Memproduksi Pemimpin Hebat. Surabaya: Pustaka Yassir.

Burhanuddin, Soetopo, H., Imron, A., Maisyaroh, dan Ulfatin, N (2017). Supervisi Pendidikan dan engajaran: Konsep, Pendekatan, dan Penerapan Pembinaan Profesional. Malang: Fakultas lmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Firdausi, Annas (2018). Pengaruh Supervisi Dan Kepercayaan Diri Terhadap Kepuasan Kerja Guru SMKN Di Jakarta Timur. Jurnal Sap Vol. 2 No. 3 April 2018, hlm.270-278.

Glanz, Jeffrey dan S. Susan (2000). Supervision in Practice. California: Corwin Press,Inc. Glickman.

Hazli dan R. R. Saputra (2019). Analisis Pengaruh Supervisi Pengawas Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Sukau Lampung Barat. Jurnal Publikasi Pendidikan | Volume 9 Nomor 1, Februari 2019, hlm. 62-68.

https://doi.org/10.26858/publikan.v11i1.16394

Kadarwati, A (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Supervisi Akademikdengan Teknik Kunjungan Kelas. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, Volume 1 Nomor 2 Desember 2016), h. 103-120.

Makawimbang, Jerry H (2011). Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Mulyasa, E (2015). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (Cet. Ke-5 . Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution (2006). Metode Penelitian (Cet. I). Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Nawawi, Hadari (1988). Administrasi Pendidikan. Jakarta: CV. Haji Mas Agung.

Neagley, R.L. dan Evans D.N (1980). Handbook for effective supervision of instruction (Third Edition). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Piet. A. Sahertian dan F. Mataheru (2000). Konsep Dasar dan Teknik: Supervisi Pendidikan (Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia). Jakarta: Rineka Cipta.

Sarifudin (2019). Implementasi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam Upaya

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran, Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) Kota Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 02, No. 01, Januari 2019, hlm. 49-70. DOI: http://dx.doi.org/10.30868/im.v2i01.374

Soetjipto dan Kosasi (1999). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhardan, Dadang (2010). Supervisi Profesional, Layanan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Era Otonomi Daerah (Cet. II). Bandung: Alfabeta, 2010.

Surasni (2018). Pengaruh Supervisi, Kepemimpinan Partisipatif Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kualitas Kerja Guru Sma Di Jakarta Selatan. PEKOBIS Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, Vol 1 No. V, Mei 2018, hlm. 26-41.

DOI: http://dx.doi.org/10.32493/pekobis.v1i5.P%25p.1229

Usman, H dan P. S. Akbar (2000). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusmadi, dkk (2012). Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Sigli. Jurnal Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Volume 1, No. 1, Agustus 2012, hlm. 82- 95.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Mokodompit, M. (2021). Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Guru di SMK LPMD Adow Kecamatan Pinolosian Tengah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 23-31. https://doi.org/10.35719/leaderia.v2i1.59