Analisis Kepala Madrasah Sebagai Supervisor di Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Tio Ari Laksono IAIN Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.35719/leaderia.v2i1.57

Keywords:

Kepala Madrasah, Supervisor, Supervisi, Keywords: Principal of Madrasah, Supervisor, Supervision

Abstract

This study discusses the managerial aspects of madrasah principals in supervising the preparation, implementation, and follow-up of learning carried out by teachers and madrasah personnel. The method of collecting data in this research is carried out through library research. The responsibilities of the madrasah principal as a supervisor in academic supervision activities include planning, implementation, and evaluation as well as follow-up. Academic supervision activities are carried out to improve the professional quality of teachers and all madrasah personnel. The techniques used in carrying out supervision by the head of the madrasah of teachers and madrasah employees can be done by using individual techniques and group techniques. Activities that include individual techniques are conducting class visits and individual observations, while group techniques include holding meetings or meetings with teachers to discuss various matters related to the teaching and learning process and outcomes.

 

Keywords: Principal of Madrasah, Supervisor, Supervision

Penelitian ini membahas mengenai manajerial kepala madrasah dalam melakukan supervisi/pengawasan terhadap persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan para personalia madrasah. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui studi pustaka (Library Research).Tanggung jawab kepala madrasah sebagai supervisor dalam kegiatan supervisi akademik meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta tindak lanjut. Kegiatan supervisi akademik dilakukan untuk meningkatkan kualitas keprofesionalan guru dan seluruh personalia madrasah.Teknik yang digunakan dalam melaksanakan supervisi oleh kepala madrasah terhadap guru-guru dan pegawai madrasah dapat dilakukan dengan teknik perseorangan dan teknik kelompok. Kegiatan yang termasuk teknik perseorangan adalah mengadakan kunjungan kelas dan observasi perseorangan, sedangkan yang termasuk teknik kelompok adalah mengadakan pertemuan atau rapat dengan guru-guru untuk membicarakan berbagai hal yang berhubungan dengan proses dan hasil belajar mengajar.

 

KataKunci: Kepala Madrasah, Supervisor, Supervisi

References

AA, Pupuh Fathurrohman and Suryana, (2011) Supervisi Pendidikan Dalam Pengembangan Proses Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asf, Jasmani & Syaiful Mustofa. (2013). Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Madrasah dan Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Barizi, Ahmad. (2011). Pendidikan Integratif: Akar Tradisi & Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Malang: UIN-Maliki Press.

Barnawi and Mohammad Arifin. (2012). Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Danim, Sudarwan.(2005). Visi Baru Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto, H. M. (2008). Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Maunah, Binti.(2009). Supervisi Pendidikan Islam. Yogyakarta: TERAS.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Madrasah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2006). Menjadi Kepala Madrasah Profesional. Jakarta: Rosda.

Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Madrasah Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru) Pembinaan Dan Pengembangan Profesi Guru Buku 2, (2010). Kementerian Pendidikan Nasional: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Guru Dan Tenaga Keguruan”.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Madrasah/Madrasah.

Pidarta, Made. (1992). Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Purwanto, M. Ngalim. (2009) Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sagala, Syaiful. (2012). Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta..

Sahertian, Piet A. (1981). Prinsip & Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Suhardan, Dadang. (2010). Supervisi Profesional Layanan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Era Otonomi Daerah. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, (1994). Dimensi-Dimensi Administrasi Pendidikan di Madrasah. Jakarta: Bina Aksara.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Laksono, T. A. (2021). Analisis Kepala Madrasah Sebagai Supervisor di Lembaga Pendidikan Islam. LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 11-22. https://doi.org/10.35719/leaderia.v2i1.57